Laman

Kamis, 14 Oktober 2010

fermentor

A.     Pengertian Fermentor
Fermentor adalah sebuah alat yang digunakan untuk memproduksi mikrobia untuk melakukan fermentasi. Produk-produk berbasis mikroba seperti biofertilizer, biokontrol, biopestisida, biodekomposer, ataupun produk biomassa mikroba memerlukan fermentor untuk memproduksinya. Fermentor untuk memproduksi mikroba ini tidak harus berteknologi tinggi. Fermentor dapat dibuat dengan peralatan sederhana, namun fungsional. Bahkan bisa dibuat sendiri dengan biaya yang terjangkau.
Ada banyak pertimbangan untuk memilih fermentor, antara lain:
a.       tingkat kesulitan dan kerumitan proses,
b.      nilai produk yang dihasilkan,
c.       biaya investasi
d.      biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi mikroba tersebut.
B.     Jenis-jenis Fermentor
1.      Fermentor Sederhana untuk Produksi Mikroba

Fermentor terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
a.       Tabung fermentor, yaitu tabung untuk menempatkan media. Tabung ini bisa dibuat dari galon air mineral.
b.      Penutup tabung, bisa dibuat dari penutup karet.
c.       Pipa inlet. Pipa kaca kecil yang dihubungkan dengan pompa udara. Pipa kaca ini berukuran panjang hingga hampir menyentuh dasar tabung. Pipa ini terendam di dalam larutan media.
d.      Pipa outlet. Pipa kaca kecil yang lebih pendek dari pipa inlet dan ujung bagian dalam berada di atas permukaan media. Ujung selang outlet direndam dalam larutan clorin/pemutih atau alcohol.
e.       Selang karet. Selang untuk menhubungkan pipa-pipa kaca.
f.        Millipore. Saringan udara berukuran 0.2 um untuk sterilisasi udara yang masuk ke dalam fermentor.
g.       Pompa udara. Pompa udara untuk memberikan aerasi pada media kultur. Pompa udara bisa menggunakan pompa udara untuk aquarium.
h.       Botol. Botol yang diberi air dan larutan pemutih (clorin).
Fermentor ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama harganya murah dan terjangkau. Untuk membuat satu fermentor sederhana membutuhkan biaya kurang dari Rp. 1 juta. Fermentor dari stainless steel bisa mencapai puluhan juta. Biaya paling besar untuk saringan micron yang mencapai beberapa ratus ribu. Bahan lain harganya sangat murah. Keuntungan kedua, volumenya cukup, tidak banyak dan tidak sedikit. Jika terjadi kontaminasi, maka tidak banyak bahan/media yang dibuang. Keuntungan ketiga, mudah dioperasionalkan. Perawatan juga mudah. Jika terjadi kerusakan bisa diperbaiki sendiri.
Fermentor ini cocok untuk menumbuhkan bakteri, khamir, atau alga. Bisa juga untuk menumbuhkan jamur, tetapi jamur umumnya lebih baik dengan menggunakan fermentasi padat. Bakteri-bakteri untuk biofertilizer seperti Pseudomonas sp, Bacillus sp, Rhizobium sp, Bacillus thuringiensis, dan bakteri lain bisa ditumbuhkan dengan fermentor ini. Fermentor ini juga bisa untuk memproduksi sel bakteri, metabolit, protein sel tunggal ataupun biomassa sel (kristal protein).

  1. Fermentor - Lambda Minifor


 





Minifor ini dikembangkan sebagai hasil dari kebutuhan untuk membangun sebuah laboratorium kecil untuk volume fermentor dari 0,035 ke 4.5l. Berdasarkan pengalaman praktis pribadi panjang dalam fermentasi kami ingin menciptakan sebuah fermentor, yang mudah digunakan dan dengan kapasitas untuk mengukur dan mengendalikan semua parameter penting dari budaya biologis. Para fermentor harus mengambil ruang minimal di bangku tapi dengan akses yang baik ke semua bagian.
Beberapa fermentors harus, ketika diletakkan berdampingan cocok untuk optimalisasi parameter pertumbuhan budaya atau optimalisasi biotransformations dll
Setiap fermentor harus dapat bekerja secara mandiri atau terhubung ke PC untuk maju peraturan dan perawatan data ekstensif.
Spesifikasi Lermentor Lambda Minifor
A. Unit Dasar
Fitur utama dari adalah bahwa semua Minifor elektronik, power supply, IR pemanas, katup udara, aliran massa meteran, kabel dan tabung diposisikan dalam satu base unit, yang digunakan sebagai dukungan untuk fermentasi kapal dan semua peralatan lain yang diperlukan . Susunan platform unit dasar membuat semua bagian dari fermentor jelas terlihat dan mudah dicapai dari semua sisi dimensi dasar meskipun hanya 22 40 cm (kira-kira sebuah kertas A4).

Hingga lima botol reagen 250 ml di pemegang magnet dapat diletakkan di belakang kapal dan fermentor hingga 4 pompa dapat ditempatkan pada pemegang disesuaikan dipasang di bar-bar di bagian belakang unit dasar. Yang soket terletak di sisi belakang unit dasar sehingga mengeluarkan kabel dari area kerja
B.     Pengukuran dan Peraturan
Panel kontrol terdiri dari sebuah layar LCD dan tombol kontrol. Semua parameter (suhu, pH, PO 2, laju aliran udara, agitasi dan satu parameter dipilih bebas (untuk mantan. PCO 2, optik kepadatan, antifoam dll) yang terlihat sekilas pada LCD yang besar lampu belakang layar (4 40 digit ). Kontrol yang sederhana dan logis.

Pada hampir semua parameter batas rendah atau / dan alarm tinggi dapat diatur. Setelah aktivasi alarm sinyal akustik terdengar, indikasi muncul di layar dan sinyal listrik muncul pada sisi belakang konektor dari fermentor. Setiap fermentor dapat dioperasikan dalam cara yang otonom atau dapat digabungkan ke PC (lebih RS 485) menggunakan program fermentasi khusus (FNet atau SIAM). Hal ini memungkinkan kemungkinan hampir tak terbatas untuk kontrol dan data pengobatan (banyak fermentors secara paralel).

C.     Fermentasi Kapal

Bejana fermentasi standar memiliki total volume 1 liter (volume lainnya dari 35 ml menjadi 4,5 l dapat disampaikan berdasarkan permintaan). Kapal yang terbuat dari kaca Pyrex berkualitas tinggi dengan membuka pusat threaded besar untuk fiksasi membran dan vibromixer dan 6-8 threaded sisi leher untuk fiksasi sensor yang berbeda, saluran udara, penarikan sampel, inokulasi dsb Dua pemegang disesuaikan terus kapal di posisi. Kapal ini disterilisasi dalam autoklaf.
D.     Agitator
Daripada baling-baling tradisional agitator vibromixer baru digunakan dalam Minifor. Elektromagnet kuat bergerak satu atau beberapa berlubang cakram naik dan turun. Keuntungan utama adalah pencampuran yang efisien dan aerasi dari budaya media bersama-sama dengan sangat efisien pemisahan bagian dalam kapal dari luar oleh membran silikon dengan biaya rendah. Tidak ada pusaran dibangun dan membingungkan dihapuskan. Agitasi jenis ini juga lembut pada sel-sel dan buih berkurang. Frekuensi getaran dikendalikan oleh mikroprosesor dan dapat bervariasi melalui input range.The luas udara dibuat melalui microsparger dapat membersihkan sendiri tetap di bawah terendah disk.
E.      Pengontrol Suhu
Baru dipatenkan IR radiator dengan reflektor parabola yang berlapis emas digunakan untuk menghangatkan budaya kaldu. Radiasi panas (150 W) terkonsentrasi di bagian bawah kapal mana ia adsorbed oleh media dengan cara yang mirip dengan matahari memanaskan air. Tidak ada kepanasan dari budaya umum dengan pemanas ditempatkan langsung dalam medium. Berkat kapasitas panas yang rendah dari sumber IR, overshooting suhu berkurang dan suhu dapat dikontrol secara lebih tepat. Sensor suhu ditempatkan langsung di sensor pH dan digunakan pada saat yang sama untuk koreksi otomatis pH dan PO 2 elektroda.
F.      Pengatur dan Pengontrol PH
PH diukur dengan kombinasi, sterilisable pH elektroda dengan sensor suhu yang tergabung dan kontrol suhu otomatis. Terima kasih kepada yang baru beberapa plug Variopin dapat disterilisasi tanpa perlindungan apapun. Dua titik kalibrasi dari elektroda adalah semi-otomatis. Penambahan asam atau basa dikendalikan oleh mikro-prosesor. Laju aliran dari pompa Preciflow, Multiflow atau HiFlow bervariasi antara 0 sampai 100%, yang membuat kontrol pH halus dibandingkan dengan Common ON / OFF switching dari pompa dengan kecepatan tetap. Pompa aliran yang unik Integrator (pilihan) ketika digabungkan ke pompa memungkinkan pemantauan kegiatan pumpŽs selama proses. Ini menghasilkan data kinetik tepat mengenai negara budaya dan aktivitas.
G.     Saluran Udara
Laju aliran dapat ditetapkan 0-5 l / min. dalam langkah 0,1. Sebuah aliran massa tepat digunakan meter. Pengukuran ini bebas dari tekanan dan variasi suhu udara. Umum digunakan bola mengambang kapiler memberikan pembacaan yang tidak akurat dalam kasus ini. Sebuah katup udara proporsional menggunakan logam memori menyesuaikan laju aliran.
Digunakan udara disaring oleh penyaring PTFE. Jika perlu Peltier opsional kondensor dapat digunakan untuk menghilangkan uap air dari sungai. Kondensor didasarkan pada sel Peltier tidak menggunakan pendingin air.
H.     Inokulasi dan Metode sampling

Inokulasi, penambahan asam atau basa dan penghapusan sampel dilakukan melalui empat kapiler stainless steel yang dilengkapi dengan adapter Luer-Lock atau konektor Peek multiseal.
Sterilisasi:
Kapal fermentasi seperti biasa disterilisasi dalam autoklaf setelah sambungan kabel dari elektroda dan vibromixer.
Dimensi
Banyak upaya dilakukan untuk membuat Minifor kecil dan kompak mungkin. Platform susunan fermentor membuat kontrol dan akses ke seluruh bagian mudah dari semua sides.The jarak antara reagen botol, pompa diletakkan di atas mereka dan kapal fermentor yang sesingkat mungkin.
I.        Pompa Peristaltik
Empat peristaltik pompa Preciflow, Multiflow atau HiFlow dapat ditempatkan pada pemegang terpaku pada dua batang di bagian belakang fermentor. Mereka dihubungkan dengan sebuah kabel ke soket di sisi belakang fermentor. Karena pompa peristaltik tidak terikat pada fermentor mereka dapat digunakan untuk aplikasi lain di tempat lain di laboratorium (untuk ex. Untuk kromatografi dll). Hal ini dapat menyajikan sebuah ekonomi cukup besar bagi pengguna
J.       Perangkat lunak PC
FNet adalah perangkat lunak untuk memantau fermentasi dan kultur sel dengan Minifor Lambda fermentor. Perangkat lunak ini berjalan di bawah Windows NT, 2000 dan XP.       
Siap untuk menggunakan perangkat lunak
1.      mudah untuk menginstal
2.      mengenali perangkat lunak fermentors terhubung saat start. Hingga 6 fermentors, 12 integrator dan 6 pompa dapat dihubungkan ke satu PC
3.      Tidak perlu pengetahuan pemrograman
4.      semua kabel mudah untuk menghubungkan konektor standar
Persyaratan yang sangat tinggi kami mengusulkan industri perangkat lunak fermentasi SIAM. Hampir tidak ada keinginan, yang tidak dapat puas dengan SIAM. Fungsi-fungsi khusus dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan klien.
Parameter teknis
Minifor dikendalikan oleh dua mikroprosesor

Power Kekuasaan
Keutamaannya 190-245 V CE sesuai AC/50-60 Hz (tegangan lain berdasarkan permintaan)
Dimensi
22 × 40 × 38 cm (W × D × H)
Tampilan
LDC 4 × 40 digit dengan latar
Bejana fermentor
Pyrex kaca dengan 5-8 sisi leher 0,5, 1 l, 3 l (volume lainnya berdasarkan permintaan)
Kontrol suhu
sumber panas radiasi khusus dengan bersepuh reflektor 100 W,
Peraturan
Mulai dari 5 ° C lebih dari RT hingga 70 ° C
Pengukuran
0-99,9 ° C 0,1 ° C langkah
Precision
± 0.2 ° C (0 to 60 ° C)
Sensor
Pt 100 tergabung dalam sensor pH
pH kontrol
Elektroda pH pH 0 to13, dengan suhu otomatis koreksi, Variopin konektor, dua-titik kalibrasi semi-otomatis
Resolusi
 PH 0,01 unit
Precision
± 0,02 pH unit
Po2 kontrol
Oksigen sensor dengan respon yang cepat dan diperkuat membran Teflon, peraturan melalui laju aliran udara
Jangkauan
0-10 mg oksigen / l, dalam 0,1 mg / l langkah-langkah
Air Flow
0-5 l / min. dalam 0,1 l / min. langkah, aliran massa meteran, linearitas ± 3%, reproduktifitas ± 0.5%
Control
katup proporsional menggunakan logam memori
Supplied tekanan udara
Antara 0,05 dan 0,2 MPa
Agitasi
40 W vibromixer 0-20 Hz dengan 1 atau lebih mengaduk cakram, kemandulan sama dengan kopling magnetik
Parameter yang Dipilih
Parameter  tambahan dapat dikendalikan oleh instrumen (berbuih kontrol, Pco2, optik densitas, konduktivitas, dll)
Sampling port
empat jarum dengan alat kelengkapan Luer-Kunci dapat digunakan untuk pengambilan sampel dan penambahan solusi koreksi
Pompa
sampai dengan 4 pompa independen dengan variasi kecepatan 0-100% dapat digunakan dengan Minifor.
Temperatur kerja
0-40 °C 0-40 ° C
kelembaban relatif
0-90 % 0-90%
Bobot
7.5 kg 7,5 kg
control DNS PC
PC lengkap DNS dan perawatan tanggal SIAM fermentasi menggunakan perangkat lunak atau FNet

3. Fermentor Gal Blichmann Conical
Fermenator adalah produk yang didesain dengan indah. Fitur-fiturnya menyediakan fungsionalitas tempat pembuatan bir komersial konsumen harga yang baik. Penggunannya sangat mudah untuk digunakan dan sarat dengan fitur standar. Estándar usuran fermentor ini yaitu berukuran 7 gal., 14,5 gal., dan 27 gal; ukuran sempurna berukuran 5, 10 dan 20 gal (1 gal = 3, 78541 liter).
Fermentor ini menggunakan bahan Stainless Steel. Stainless steel ini sangat tahan lama dan merupakan bahan yang paling mudah untuk dibersihkan. Oleh karena itu, tahan terhadap panas, fermentor ini tidak akan pecah seperti kaca, dan tidak akan nol, discolor dan antiseptik.
Bagian atas dari fermentor yang berbentuk kerucut, "uni-tank" menawarkan banyak keuntungan, yaitu mengalami keadaan Dumping (dapat istirahat/dingin setelah diberi panas), dapat mengumpulkan sampel dengan cepat dan benar-benar mempunyai sistem sanitasi yang baik, dapat dengan mudah menumbuhkan ragi, bersifat Pressurizeable untuk memompa CO2, tahan terhadap sinar UV yang menyebabkan "skunking" dalam bir., memperkokoh lengan (agitator) yang berputar memungkinkan menyedot murni endapan saja.

4. Fermentor Rakitan (Fermentasi anaerobik)
Fermentor ini dibuat secara sederhana. Inokulumnya adalah ragi Saccharomyces cerevisiae dan prosesnya adalah fermentasi anaerobik menjadi etanol. Etanol terbentuk ditandai oleh CO2 terbentuk. Dapat dilihat dari gambar di atas, CO2 ditampung di dalam gelas ukur 500 ml.
5. Fermentor an aerobik

Anaerobic reactors (Fermentor / fermentors)
Anaerobic reactors / fermentors
Fermentor diemail tank
Anaerobik reaktor (fermentor / fermentors)
Anaerobik reaktor (fermentor / fermentors)
Anaerobik reaktor (fermentors)
Anaerobik reaktor (atau, fermentors) menghilangkan
kontaminasi organik dalam proses kliring tinggi konsentrasi limbah cair ke tingkat tinggi.
     Piring yang diemail tank gastight memberikan perlindungan permukaan terbaik tersedia terhadap serangan korosif cair dan gas hasil fermentasi. Mereka dapat menahan dingin dan panas reaktor dengan temperatur kerja hingga 60°C.
Desain reaktor dapat menggabungkan teknologi pencampuran yang berbeda - integral mixer, pompa eksternal, gas. Batin peralatan dapat dioptimalkan untuk persyaratan tertentu dari setiap bahan, yang biasanya bercampur lumpur dari pengolahan limbah cair, kotoran ternak atau limbah dari industri farmasi atau bahan makanan.
Anaerobik reaktor (Fermentors) - produksi biogas di "Vítkovice" tank Anaerobik reaktor / fermentors
1.
Anaerobik REACTOR / fermentor
2. ENGINE ROOM
3. CONCRETE FOUNDATION
1. THERMAL Insulated ROOF
2. Insulated BEARING DIRI ROOF
3. Filling PIPING
4. PENAWARAN PIPING SYSTEMS
5. Switch PLATFORM UNTUK Spherical CAP
6. Overflow palung
7. Katup Chamber
8. DISCHARGE OF BIOGAS DARI TANK
9. LIQUID FUSE
10. Agitator

1 komentar:

  1. Makasih untuk tulisannya yang sangat bermanfaat. Tapi kok gambar-gambarnya ngga muncul di layar monitor saya ya, Mba?

    BalasHapus