Laman

Minggu, 26 September 2010

biokimia I "karbohidrat"

I.       PENDAHULUAN

A.     Latar belakang

              Karbohidrat ialah sumber tenaga pilihan utama, lemak berada di tempat kedua danprotein pula digunakan oleh sel badan untuk tujuan membina dan memulihkan sel badan.Fungsi badan kita banyak bergantung kepada karbohidrat. Sel otak kita bergantung sepenuhnya kepada karbohidrat sebagai sumber tenaga. Lemak tidak digunakan oleh otakdan sistem saraf dan diet tinggi lemak menjadi punca pelbagai penyakit (Poedjiadi, 1994).
Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil enersi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori. Walaupun lemak menghasilkan enersi lebih besar, namun karbohidrat lebih banyak di konsumsi sehari-hari sebagai bahan makanan pokok, terutama pada negara sedang berkembang. Di negara sedang berkembang karbohidrat dikonsumsi sekitar 70-80% dari total kalori, bahkan pada daerah-daerah miskin bisa mencapai 90%. Sedangkan pada negara maju karbohidrat dikonsumsi hanya sekitar 40-60%. Hal ini disebabkan sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat lebih murah harganya dibandingkan sumber bahan makanan kaya lemak maupun protein. Karbohidrat banyak ditemukan pada serealia (beras, gandum, jagung, kentang dan sebagainya), serta pada biji-bijian yang tersebar luas di alam. (Hutagalung, 2007).
Serat makanan yang wujud dalam makanan seperti serat dalam bijirin dan beras ceruh. Kesan karbohidrat berbeza dalam badan Sistem penghadaman tidak perlu bekerja keras untuk menghadamkan dan menyerap sepenuhnya karbohidrat ringkas kerana rantaiannya lebih pendek. Justru, jika kita memerlukan tenaga segera, terutamanya apabila melakukan senaman yang menguji daya ketahanan, karbohidrat ringkas boleh memenuhi keperluan ini,terutamanya apabila gula darah semakin rendah. Namun jika kita mengambil terlalu banyak karbohidrat ringkas, gula darah akan meningkat secara mendadak dalam tempoh yang singkat; jika karbohidrat ringkas terus merangkumi sebahagian besar daripada diet harian, masalah gula darah tinggi akan berkekalan.
Ini mencerminkan senario dunia hari ini, di mana penyakit kronik seperti diabetes yangsemakin menular. Kementerian Kesihatan menganggarkan bahawa sekurang-kurangnya. Manfaat karbohidrat kompleks. Hampir semua sel badan menggunakan glukosa sebagai sumber tenaga utama, dan badan kita tidak boleh mengenal molekul karbohidrat kompleks sebagai sumber tenaga. Namun, badan kita sebenarnya sistem yang pintar kerana mampu menukarkan karbohidrat kompleks kepada bentuk yang boleh diserap dan digunakan oleh sel. Manfaat tambahan karbohidrat kompleks adalah Banyak karbohidrat kompleks juga kaya dengan vitamin B yang diperlukan semasa membebaskan tenaga dalam sel badan. Tambahan lagi, sumber makanan karbohidrat semula jadi yang pada amnya tidak diproses, umumnya rendah lemak dan mengandungi banyak serat.
Kajian mendapati diet tinggi serat dan rendah lemak mengurangkan risiko penyakit kronik. Serat boleh didapati dalam tumbuh- tumbuhan seperti sayur-sayuran, buahbuahan dan kekacang. Serat tidak larut: Serat ini tidak larut dalam air dan biasanya didapati pada bahagian luar buah, sayuran dan bijirin. Serat tidak larut akan membantu melawaskan pembuangan air besar dan baik bagi mereka yang mengalami masalah sembelit. Serat larut: Serat ini boleh larut dengan mudah dalam air dan sering bergumpal seperti bahan lekit atau gel dalam makanan. Satu contoh yang baik ialah oat. Jika kita menyediakan semangkuk bijirin oat untuk sarapan pagi, ia sering menjadi lebih pekat selepas kita membiarkannya buat seketika.
Ia memperlahankan kadar pengosongan makanan daripada perut, memanjangkan rasa kenyang dan melengahkan rasa lapar. Disebabkan kadar pembebasan makanan yang lebih perlahan ke dalam saluran usus, ia membantu mengawal gula darah naik terlalu pantas dan tinggi selepas makan. Badan kita memerlukan kedua-dua jenis serat untuk menjaga kesihatan saluran penghadaman dan kesejahteraan badan. Kita disyorkan makan 25g serat pemakana sehari. Untuk mencapai sasaran ini, anda seharusnya memilih makanan kaya serat dalam diet harian.
Daripada makan biskut biasa, apa kata anda makan biskut berserat tinggi. Karbohidrat seharusnya merangkumi kira-kira 50 peratus daripada jumlah tenaga yangdisumbang, dengan penekanan kepada sumber karbohidrat kompleks dan makanan kaya serat. Ramai orang tersilap tanggap tentang karbohidrat kerana menyangka ia ‘menggemukkan’. Jika dibuat perbandingan, setiap gram karbohidrat menghasilkan kandungan kalori yang sama seperti protein (4kcal/gram) dan menjana jumlah kalori lebih kecil kepada badan berbanding lemak makanan (9kcal/ gram). Walaupun protein menghasilkan jumlah kalori sama seperti karbohidrat, makanan yang kaya protein biasanya turut mengandungi banyak lemak, seperti daging. Lain kali anda memikirkan apa yang harus anda makan, separuh daripada makanan hendaklah terdiri daripada karbohidrat kompleks berserat tinggi (nasi ceruh, sayuran)
diikuti oleh sejumlah kecil makanan yang kaya dengan protein seperti daging. Kalau boleh pilih sumber protein seperti kekacang dan lebih baik lagi jika makanan itu mempunyai kandungan minyak dan lemak yang rendah (Anonim, 2007).

B.     Tujuan

Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui kandungan karbohidrat dalam suatu bahan makanan dan mengetahui sifat-sifat karbohidrat.

 II.    TINJAUAN PUSTAKA

A.     Definisi

Secara umum definisi karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung atom Karbon, Hidrogen dan Oksigen, dan pada umumnya unsur Hidrogen clan oksigen dalam komposisi menghasilkan H2O. Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
Sumber karbohidrat nabati dalam glikogen bentuk glikogen, hanya dijumpai pada otot dan hati dan karbohidrat dalam bentuk laktosa hanya dijumpai di dalam susu. Pada tumbuh-tumbuhan, karbohidrat di bentuk dari basil reaksi CO2 dan H2O melalui proses foto sintese di dalam sel-sel tumbuh-tumbuhan yang mengandung hijau daun (klorofil). Matahari merupakan sumber dari seluruh kehidupan, tanpa matahari tanda-tanda dari kehidupan tidak akan dijumpai.
Reaksi fotosintesis matahari
6 CO2 + 6 H2O C6 H12 O6 + 6 O2
Pada proses fotosintesis, klorofil pada tumbuh-tumbuhan akan menyerap dan menggunakan enersi matahari untuk membentuk karbohidrat dengan bahan utama CO2 dari udara dan air (H2O) yang berasal dari tanah. Enersi kimia yang terbentuk akan disimpan di dalam daun, batang, umbi, buah dan biji-bijian (Anonim, 2007).

B.     Klasifikasi

Karbohidrat yang terdapat pada makanan dapat dikelompokkan: Available Carbohydrate (Karbohidrat yang tersedia), yaitu karbohidrat yang dapat dicerna, diserap serta dimetabolisme sebagai karbohidrat dan  Unvailable Carbohydrate (Karbohidrat yang tidak tersedia) . Yaitu karbohidrat yang tidak dapat dihidrolisa oleh enzim-enzim pencernaan manusia, sehingga tidak dapat diabsorpsi.


Penggolongan karbohidrat yang paling sering dipakai dalam ilmu gizi berdasarkan jumlah molekulnya.
1.      Monosakarida
Karbohidrat yang paling sederhana (simple sugar), oleh karena tidak bisa lagi dihidrolisa. Monosakarida larut di dalam air dan rasanya manis, sehingga secara umum disebut juga gula. Penamaan kimianya selalu berakhiran -osa. Dalam Ilmu Gizi hanya ada tiga jenis monosakarida yang penting yaitu, glukosa, fruktosa dan galaktosa.

Glukosa

Terkadang orang menyebutnya gula anggur ataupun dekstrosa. Banyak dijumpai di alam, terutama pada buah-buahan, sayur-sayuran, madu, sirup jagung dan tetes tebu. Di dalam tubuh glukosa didapat dari hasil akhir pencemaan amilum, sukrosa, maltosa dan laktosa.
Glukosa dijumpai di dalam aliran darah (disebut Kadar Gula Darah) dan berfungsi sebagai penyedia enersi bagi seluruh sel-sel dan jaringan tubuh. Pada keadaan fisiologis Kadar Gula Darah sekitar 80-120 mg %. Kadar gula darah dapat meningkat melebihi normal disebut hiperglikemia, keadaan ini dijumpai pada penderita Diabetes Mellitus.  

Fruktosa

Disebut juga gula buah ataupun levulosa. Merupakan jenis sakarida yang paling manis, banyak dijjumpai pada mahkota bunga, madu dan hasil hidrolisa dari gula tebu. Di dalam tubuh fruktosa didapat dari hasil pemecahan sukrosa.

Galaktosa

Tidak dijumpai dalam bentuk bebas di alam, galaktosa yang ada di dalam tubuh merupakan hasil hidrolisa dari laktosa.

2.      Disakarida

Merupakan gabungan antara 2 (dua) monosakarida, pada bahan makanan disakarida terdapat 3 jenis yaitu sukrosa, maltosa dan laktosa.

Sukrosa

Adalah gula yang kita pergunakan sehari-hari, sehingga lebih sering disebut gula meja (table sugar) atau gula pasir dan disebut juga gula invert. Mempunyai 2 (dua) molekul monosakarida yang terdiri dari satu molekul glukosa dan satu molekul fruktosa.  Sumber: tebu (100% mengandung sukrosa), bit, gula nira (50%), jam, jelly.

Maltosa

Mempunyai 2 (dua) molekul monosakarida yang terdiri dari dua molekul glukosa. Di dalam tubuh maltosa didapat dari hasil pemecahan amilum, lebih mudah dicema dan rasanya lebih enak dan nikmat. Dengan Jodium amilum akan berubah menjadi warna biru.
Amilum terdiri dari 2 fraksi (dapat dipisah kan dengan air panas):
1. Amilosa
-larut dengan air panas
-mempunyai struktur rantai lurus
2. Amilopektin
-tidak larut dengan air panas
-mempunyai sruktur rantai bercabang
Peranan perbandingan amilosa dan amilo pektin terlihat pada serelia; Contohnya beras, semakin kecil kandungan amilosa atau semakin tinggi kandungan amilopektinnya, semakin lekat nasi tersebut.
Pulut sedikit sekali amilosanya (1-2%), beras mengandung amilosa > 2%
Berdasarkan kandungan amilosanya, beras (nasi) dapat dibagi menjadi 4 golongan:
-amilosa tinggi 25-33%
-amilosa menengah 20-25%
-amilosa rendah 09-20%
-amilosa sangat rendah < 9%
Secara umum penduduk di negara-negara Asean, khususnya Flipina, Malaysia, Thailand dan Indonesia menyenangi nasi dengan kandungan amilosa medium, sedangkan Jepang dan Korea menyenangi nasi dengan amilosa rendah.

Laktosa

Mempunyai 2 (dua) molekul monosakarida yang terdiri dari satu molekul glukosa dan satu molekul galaktosa. Laktosa kurang larut di dalam air. Sumber : hanya terdapat pada susu sehingga disebut juga gula susu. susu sapi 4-5% asi 4-7% .
Laktosa dapat menimbulkan intolerance (laktosa intolerance) disebabkan kekurangan enzim laktase sehingga kemampuan untuk mencema laktosa berkurang. Kelainan ini dapat dijumpai pada bayi, anak dan orang dewasa, baik untuk sementara maupun secara menetap. Gejala yang sering dijumpai adalah diare, gembung, flatus dan kejang perut. Defisiensi laktase pada bayi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, karena bayi sering diare. Terapi diit dengan pemberian formula rendah laktosa seperti LLM, Almiron, Isomil, Prosobee dan Nutramigen, dan AI 110 bebas Laktosa. Formula rendah laktosa tidak boleh diberikan terlalu lama (maksimum tiga bulan), karena laktosa diperlukan untuk pertumbu ban sel-sel otak.
3.      Polisakarida
Polisakarida Merupakan senyawa karbohidrat kompleks, dapat mengandung lebih dari 60.000 molekul monosakarida yang tersusun membentuk rantai lurus ataupun bercabang. Polisakarida rasanya tawar (tidak manis), tidak seperti monosakarida dan disakarida. Di dalam Ilmu Gizi ada 3 (tiga) jenis yang ada hubungannya yaitu amilum, dekstrin, glikogen dan selulosa.
Merupakan sumber enersi utama bagi orang dewasa di seluruh penduduk dunia, terutama di negara seclang berkembang oleh karena di konsumsi sebagai bahan makanan pokok. Disamping bahan pangan kaya akan amilumjuga mengandung protein, vitamin, serat dan beberapa zat gizi penting lainnya. Amilum merupakan karbohidrat dalam bentuk simpanan bagi tumbuh-tumbuhan dalam bentuk granul yang dijumpai pada umbi dan akarnya.
Sumber: umbi-umbian,serealia dan biji-bijian merupakan sumber amilum yang berlimpah ruah oleh karena mudah didapat untuk di konsumsi. Jagung, beras dan gandum kandungan amilurnnya lebih dari 70%, sedangkan pada kacang-kacangan sekitar 40%. (Ahli gizi, 1996)
Dekstrin
Dekstrin merupakan zat antara dalam pemecahan amilum. Molekulnya lebih sederhana, lebih mudah larut di dalam air, denganjodium akan berubah menjadi wama merah.
Glikogen
Glikogen merupakan "pati hewani", terbentuk dari ikatan 1000 molekul, larut di dalam air (pati nabati tidak larut dalam air) dan bila bereaksi dengan iodium akan menghasilkan warna merah. Glikogen terdapat pada otot hewan, manusia dan ikan. Pada waktu hewan disembelih, terjadi kekejangan (rigor mortis) dan kemudian glikogen dipecah menjadi asam laktat selama post mortum.
Glikogen disimpan di dalam hati dan otot sebagai cadangan enersi, yang sewaktu-waktu dapat diubah kembali menjadi glukosa bila dibutuhkan.
Sumber : banyak terdapat pada kecambah, serealia, susu, syrup jagung (26%).

Selulosa

Hampir 50% karbohidrat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan adalah selulosa, karena selulosa merupakan bagian yang terpenting dari dinding sel tumbuh-tumbuhan. Selulosa tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia, oleh karena tidak ada enzim untuk memecah selulosa. Meskipun tidak dapat dicerna, selulosa berfungsi sebagai sumber serat yang dapat memperbesar volume dari faeses, sehingga akan memperlancar defekasi.
Dahulu serat digunakan sebagai indeks dalam menilai kualitas makanan, makin tinggi kandungan serat dalam makanan maka nilai gizi makanan tersebut dipandang semakin buruk. Akan tetapi pada dasawarsa terakhir ini, para ahli sepakat bahwa serat merupakan komponen penyusun diet manusia yang sangat penting. Tanpa adanya serat, mengakibatkan terjadinya konstipasi (susah buang air besar).
Karbohidrat mempunyai peranan penting dalam menentukan karakteristik bahan makanan, seperti rasa, warna dan tekstur.
Fungsi karbohidrat di dalam tubuh adalah:
Fungsi utamanya sebagai sumber enersi (1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori) bagi kebutuhan sel-sel jaringan tubuh. Sebagian dari karbohidrat diubah langsung menjadi enersi untuk aktifitas tubuh, clan sebagian lagi disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan di otot. Ada beberapa jaringan tubuh seperti sistem syaraf dan eritrosit, hanya dapat menggunakan enersi yang berasal dari karbohidrat saja. Melindungi protein agar tidak dibakar sebagai penghasil enersi. Kebutuhan tubuh akan enersi merupakan prioritas pertama; bila karbohidrat yang di konsumsi tidak mencukupi untuk kebutuhan enersi tubuh dan jika tidak cukup terdapat lemak di dalam makanan atau cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil enersi. Dengan demikian protein akan meninggalkan fungsi utamanya
Karbohidrat yang tersedia di dalam makanan.
Sumbangan yang berasal dari karbolridrat pada berbagai makanan dapat dilihat pada tabel. 1 dan 2. Sumber utama karbohidrat yang dapat di cerna berasal dari nabati. Makanan yang berasal dari tanaman ini juga merupakan satu-satunya sumber serat. Makanan yang berasal dari hewan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah cukup banyak adalah susu, tiram dan hati (Sediaoetama, 1989).

III. PELAKSANAAN PRAKTIKUM
A.     Tempat dan Waktu
Praktikum ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 31 Oktober 2008 pukul 10.00 sampai dengan selesai Di Laboratorium Kimia Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya.
B.     Bahan dan Alat
Alat yang digunakan pada praktikum ini antara lain sebagai berikut : 1) Beker gelas 2) labu ukur 3) pemanas air 4) pipet tetes  5) rak tabung reaksi 6) tabung reaksi
      Bahan yang digunakan dalam praktikum ini antara lain: 1) asam sulfat 2) fruktosa 3) galaktosa  4) glukosa  5) laktosa 6) larutan CuSO4 7) larutan pati  8) NaOH 9) Na Sitrat 10) maltosa 11) pereaksi benedict 12) pereaksi molisch 13) sukrosa
C.     Cara Kerja
Cara kerja dalam praktikum ini adalah sebagai berikut :
Uji Molisch
1.      Masing-masing dimasukkan kedalam tabung reaksi 1 mL glukosa 0,1 M + 2 tetes pereaksi molisch
2.      Kocok merata + perlahan-lahan tambahkan H2SO4 pekat 1 mL melalui dinding tabung
3.      Amati warna yang terjadi
4.      Ulangi dengan bahan lain (1 mL fruktosa 0,1 M, sukrosa 1 mL, maltosa 1 mL dan Pati)
5.      Hasil semua larutan yang sudah diuji dilihatkan pada asisten
Uji reduksi
1.      Masukkan kedalam tabung reaksi a) 1 mL CuSO4 1% dan 1 mL NaOH 10%
2.      Tabung raksi b) 1 mL CuSO4 1% dan 1 mL NaOH 10% dan 2 tetes glukosa
3.      Tabung raksi c) 1 mL CuSO4 1% dan 1 mL NaOH 10% dan Na Sitrat 30% sampai endapan yang membentuk larut kembali
4.      Panaskan ketiga tabung reaksi tersebut kedalam air mendidih dan perhatikan perubahan yang terjadi
5.      Kedalam tabung c) tambahkan 3 tetes larutan glukosa 1% dan panaskan kembali
6.      Catat hasil dan perlihatkan pada asisten
Uji Benedict
1.      Masukkan kedalam tabung reaksi 3 mL pereaksi benedict dan 2 tetes bahan percobaan, aduk merata
2.      Didihkan campuran tersebut selama 5 menit dan biarkan menjadi dingin
3.      Perlihatkan hasil percobaan pada asisten dan catat hasilnya
















IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
            Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh asisten di dapat hasil sebagai berikut :
A.     hasil
Tabel hasil pengamatan
Bahan
Uji molisch
Uji benedict
Bahan
Uji reduksi
a.       fruktosa
b.      maltose
c.       pati
d.      sukrosa
Ungu pekat
Ungu pekat
Ungu kekuningan
Ungu muda
Merah bata
Merah bata
Biru muda
Biru muda
A

B

C

Biru bening ada endapan
Bening endapan merah
Kuning kecoklatan
a.       fruktosa
b.      maltose

c.       pati
d.      sukrosa
Ungu pekat
Ungu pekat mengendap
Ungu kekuningan
Ungu muda
Merah bata
Merah bata

Biru muda
Biru muda
A

B

C
Bening endapan hitam
Bening, endapan merah
Bening endapan merah
a.       fruktosa
b.      maltose
c.       pati
d.      sukrosa
Ungu pekat
Ungu pekat
Ungu
Ungu kekuningan
Merah bata
Merah bata
Biru bening
Biru bening
A
B
C
Biru bening
Biru
Cokelat kekuningan, endapan hitam
a.       fruktosa

b.      maltose
c.       pati
d.      sukrosa
Ungu pekat
mengendap
Ungu pekat
Ungu kecoklatan
Ungu
Merah bata

Merah bata
Merah bata
Merah bata
A

B

C
Biru bening, ada endapan
Bening endapan merah
Biru, endapan kuning diatas
B. Pembahasan
Praktikum kedua dari praktikum biokimia ini adalah tentang karbohidat. Karbohidrat terdiri dari tiga bagian yaitu monosakarida, disakaroda dan olisakarida. Kita menguji kandungan karbohidrat yang berasal dari fruktosa, maltose, pati dan sukrosa. Masing-masing larutan diberi perlakuan menjadi tiga ujian yaitu uji molisch, uji benedict dan uji reduksi.
Praktikum uji molisch menghasilkan warna-warna yang berbeda tiap senyawa tersebut. Senyawa tersebut didehidradasi oleh asam pekat yaitu H2SO4. Setiap kelompok memiliki warna yang sama dan ada warna yang berbeda walaupun zat yang diujikan sama. Fruktosa  menghasilkan warna ungu pekat disemua kelompok, tapi dikelompok empat selain berwarna ungu pekat juga mengendap. Sama halnya seperti fruktosa, maltose juga menghasilkan warna ungu pekat disemua kelompok.
 Pati  menghasilkan warna ungu kekuningan pada semua kelompok kecuali kelompok empat yang berwarna kuning kecoklatan. Sukrosa menghasilkan warna ungu disemua kelompok. Dari warna tersebut diketahui bahwa senyawa tersebut mengandung zat karbohidrat dengan ditandai adanya warna ungu pada uji molisch tersebut. Perbedaan warna yang terjadi pada kelompok tertentu disebabkan karena pengukuran senyawa yang kurang tepat, pemberian uji molisch yang agak berbeda atau penambahan H2SO4 yang berbeda.
Uji benedict menggunakan senyawa yang sama, tetapi perlakuan yang berbeda. Setiap kelompok mempunyai warna yang berbeda. Kelompok satu menghasilkan warna merah bata untuk fruktosa dan maltose. Sedangkan untuk pati dan sukrosa berwarna biru muda.kelompok dua menghasilkan warna yang sama seperti pada kelompok satu. Kelompok tiga untuk pati dan sukrosa menghasilkan warna biru bening. Sedangkan kelompok empat menghasilkan warna merah semua pada setiap senyawa. Perbedaan ini menunjukkan bahwa kelompok empat memenuhi syarat karbohidrat untuk uji benedict yaitu menghasilkan warna kuning saampai merah jika dreduksi menggunakan gugus aldehid. Kesalahan warna yang terjadi disebabkan oleh kekurangtelitian praktikan dalam melakukan praktikum tersebut.
Uji reduksi menggunakan senyawa yang bersuasana alkali, dan akan menghasilkan larutan tembaga yang basa. Warna yang didapatkan berbeda setiap kelompok. Hal ini dikarenakan pemberian peraksi yang tidak sama, pengukuran senyawa yang kurang tepat dan senyawa-senyawa yang tidak dapat menghasilkan suasana basa.


V.     KESIMPULAN
Berdasarkan praktikum yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa :
1.      Senyawa yang mengandung karbohidrat akan menghasilkan warna ungu kemerahan jika mengandung karbohidrat
2.      Fruktosa dan maltose menghasilkan warna ungu pekat, jadi termasuk kedalam senyawa karbohidrat
3.      Pati dan sukrosa menghasilkan warna ungu muda dan ungu kekuningan, jadi termasuk kedalam golongan karbohidrat.
4.      Uji benedict menghasilkan warna yang berbeda tiap kelompok, hal ini dikarenakan adanya kesalahan dalam praktikum
5.      Pada uji reduksi, bahan yang dapat menghasilkan suasana basa yaitu bahan C dengan penambahan Na Sitrat dan glukosa 1%







Tidak ada komentar:

Posting Komentar